parungfarm.com

June 2, 2010 at 2:58 am Leave a comment

PT. Kebun Sayur Segar dengan brand Parung Farm, adalah produsen sayuran berdaun yang ditanam secara hidroponik (hydroponic) dan aeroponik (aeroponic) di Indonesia. Walaupun bukan yang pertama, Parung Farm dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbesar pada bidangnya.

PARUNG FARM Hydroponics based Farm

Sebagai sebuah badan hukum Perseroan Terbatas (PT), PT. Kebun Sayur Segar resmi didirikan pada bulan Juni 2003, walaupun sebetulnya sejarah usaha ini sudah dimulai sejak jauh hari sebelumnya.

Pada bulan November 1998, pendiri sekaligus pemegang mayoritas yang bukan dari kalangan petani, diperkenalkan kepada beberapa orang Sarjana Pertanian dari BPPT. Mereka dari BPPT inilah, yang relatif masih muda usia, yang memperkenalkan kepadanya sebuah teknologi pertanian yang dikenal dengan nama hidroponik (hydroponic).

Ia sangat tertarik dengan teknologi ini, mengingat dalam sistem ini, teknologi sangat memegang peran penting. Karena itu iapun mulai mempelajari berbagai teknologi hidroponik, dengan mempelajarinya dari buku-buku yang yang banyak dijumpai pada toko buku online seperti Amazon.com, berlangganan majalah The Growing Edge serta Aquaponics dari Amerika Serikat, Practical Hydroponics and Greenhouses dari Australia, melakukan pencarian informasi terkini dari internet, melakukan korespondensi dengan tenaga ahli dari luar negeri, serta berdiskusi dengan para tenaga ahli dari beberapa Fakultas Pertanian, khususnya IPB, dan juga dengan para praktisi.

Setelah mengetahui secara basic berbagai teknologi hidroponik ini, meskipun ia bukan sarjana teknik dan bukan sarjana pertanian, ia melihat peluang untuk melakukan eksperimen dengan tujuan untuk dapat menurunkan biaya investasi maupun modal kerja. Ia bermaksud untuk menemukan teknologi yang low cost (baik dilihat dari segi biaya investasinya maupun dari biaya operasionalnya), namun yang masih dapat berfungsi dengan baik. Hal ini penting, karena kalau kita menggunakan teknologi seperti yang dipergunakan di Eropa,Amerika maupun Australia, yang biaya investasi maupun operasionalnya yang sangat mahal, maka harga produknya tak akan terbeli oleh konsumen Indonesia, karena daya belinya yang relatif masih rendah.

Setelah melakukan berbagai eksperimen trial dan error, ia yakin bahwa ia telah menemukan hal yang dicarinya tersebut,yakni teknologi yang low cost,dengan melakukan modifikasi dari teknologi yang ada, dan setelah menemukan tenaga muda yang profesional di bidang produksi dan pemasaran yang handal, ia memutuskan untuk mulai melakukan kegiatan komersiil dengan mendirikan PT. Kebun Sayur Segar.

PT. Kebun Sayur Segar digerakkan oleh tenaga-tenaga muda yang profesional tersebut, dengan tetap mendapat bimbingan dan pengarahan dari pendirinya. Perusahaan ini pada akhirnya, dengan brand Parung Farm yang dapat ditemui pada hampir semua supermarket dan hipermarket di Jabodetabek dan Bandung, dapat menjadi salah satu perusahaan produsen yang terbesar dan terbaik pada bidangnya.

Apakah yang dimaksud dengan Hidroponik?

Hidroponik adalah sebuah sistem/teknologi dimana tanaman ditumbuhkan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam,karena itu hidroponik juga disebut sebagai budidaya tanam tanpa tanah atau soilless culture.Arti harafiah dari hidroponik adalah bekerja dengan air.

Untuk mempelajari dengan lebih mendalam mengenai hidroponik, kami persilakan anda untuk antara lain mengunjungi majalah online Simply Hydroponics ataupun dengan melakukan pencarian di internet, yang praktis tidak memerlukan biaya. Namun apabila anda ingin mengetahui mengenai masalah ini secara lebih mendalam, silakan anda mempelajari sebuah buku/textbook dengan judul The Hydroponic Food Production, yang ditulis oleh Howard Resh, yang dapat diperoleh di toko buku online, antara lain Amazon (www.amazon.com). Sementara untuk melihat perkembangan terkini dari berbagai jenis teknologi hidroponik, maka majalah- majalah yang disebutkan di atas adalah sumbernya.

Hydroponic Farming Di kebun-kebun PT. Kebun Sayur Segar, kami menggunakan beberapa teknologi hidroponik.

Teknologi/sistem yang kami pergunakan adalah modifikasi dari:

  • Sistim NFT (Nutrient Film/Flow Technique),
  • Sistim aeroponics,
  • Sistim dynamic root floating, dan
  • Irigasi drip (untuk tomat)

Demikian juga dalam penggunaan pupuk, digunakan rumusan tersendiri karena komposisi yang cocok untuk negara-negara beriklim sub-tropis seperti Australia dan Amerika Serikat, tidak 100% sesuai untuk digunakan di Indonesia. Pupuk/fertilizer untuk sayuran yang ditanam secara hidroponik/aeroponik adalah berupa air yang dicampur dengan 16 unsur pupuk (makro dan mikro), dalam proporsi yang optimal sesuai kebutuhan tanaman. Untuk masing-masing tanaman bisa saja komposisinya berbeda.

Di samping kunjungan dari berbagai instansi, kebun kami selama ini sering dikunjungi oleh para murid Sekolah Dasar sampai mahasiswa Perguruan Tinggi dari berbagai kota, bahkan dari Universitas Negeri Papua, yang mengirimkan mahasiswanya untuk mempelajari teknologi hidroponik. Bahkan kami telah menerima tamu, para ahli dari Afrika yang melakukan studi banding dan juga dari pimpinan tertinggi pramuka/pandu sedunia, yang diantar oleh Bp. Parni Hardi.

Sudah banyak mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Biologi dari berbagai universitas, yang memperoleh gelar sarjana/S1 nya dengan melakukan penelitian di kebun kami.

Lokasi kebun kami terletak di daerah Parung, Bogor, untuk tanaman sayuran dataran rendah seperti bayam dan kangkung, yang juga merupakan kantor utama kami. Selain itu, kami juga memiliki/menyewa kebun di daerah sekitar Puncak, untuk tanaman sayuran dataran tinggi seperti misalnya berbagai jenis selada dan tomat.

Mengingat juga banyaknya peminat sayuran organik di Indonesia, khususnya Jakarta, kamipun mulai melakukan penanaman sayuran ini. Namun, mengingat bisnis utama kami adalah penanaman secara hidroponik dan aeroponik, untuk sayuran organik kami banyak melakukan kemitraan dengan petani sayuran organik di sekitar kebun-kebun kami, namun secara periodik kami juga melakukan supervisinya. Pada saat ini kami juga sedang mencoba menanam sayuran organik dengan menggunakan teknologi hidroponik, sebagai follow up/kelanjutan dari thesis seorang mahasiswi pasca sarjana IPB, yang melakukan risetnya di kebun kami.

Berminat untuk mengunjungi kantor dan kebun kami yang terletak di Jl. Raya Parung No. 546, Parung, Bogor? Kami akan menerima anda dengan senang hati.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

es teler 2 reuni pic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


June 2010
M T W T F S S
« May   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Pages


%d bloggers like this: