sluman slumun slamet

March 11, 2010 at 2:25 am 1 comment

Sebenarnya kalimat diatas sering saya dengar sedari dulu sewaktu saya masih kecil. Pelajaran hidup dan kehidupan yang pernah saya dapat. Keselamatan sebagai salah satu urusan yang wajib kita anggap sebagai hal penting. Dengan keselamatan, sehingga ketika kita harus menjalani hidup dan kehidupan tentu ada tujuan yang sepantasnya untuk diraih. Tujuan tersebut seperti kesederhanaan kita dalam setiap kali memanjatkan do’a, yaitu umumnya adalah permintaan selamat di dunia ini dan di akherat nanti.

Memang “Sluman, Slumun, Slamet” adalah kata-kata yang berasal dari Bahasa Jawa, Namun coba mari kita renungkan bersama. Sebenarnya maknanya bagaiamana.

SLUMAN, berawal dari “lakon hidup” Kanjeng Nabi Sulaiman. Sebagai orang Jawa yang medhok dalam berbahasa ada berbagai kata yang dilafalkan menurut lidah orang Jawa itu sendiri. Misalnya pada saat harus mengucapkan Syahadat ‘Ain maka akan keluar Sekaten, atau dalam menyebut nama Husyein maka akan timbul kata Kusen. Nah begitu juga ketika menyebut nama Kanjeng Nabi Sulaiman, maka orang jawa menyebut istilah Sulaiman dengan Sluman. Mungkin telah banyak dari temen-temen semua yang mengetahui bahwa Nabi Sulaiman adalah seorang Rosul yang dikaruniai kelebihan berbagai hal. Salah satu yang menonjol dari Kanjeng Nabi Sulaiman adalah anugerah akan banyaknya kekayaan yang beliau miliki, disamping keberhasilannya sebagai seorang penguasa di suatu negeri, dan pemberian mukjizat bahwa beliau mampu berbicara dengan semua makhluk hidup, baik itu berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, jin, dan lain sebagainya. Namun dengan kemampuan dan keberadaannya itu, beliau tak lantas takabur, sombong atau sewenang-wenang. Malah sebaliknya, beliau mampu menjalankan amanah dari TuhanNYA yaitu bisa bersikap adil dan bijak dalam memerintah. Hal ini mampu beliau terapkan baik terhadap sesama manusia maupun dengan makluk yang lainnya. Dengan kesabaran beliau pulalah semua bisa terselamatkan.

SLUMUN, Mungkin bagi temen-temen Muslim sangat paham betul akan arti dari kata “Salamun” seperti yang tertera pada Surat Yaasiin ayat ke-58. (Mereka mendapat ucapan) “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.

Nah sekali lagi kembali sebagai orang Jawa yang mengucap kata “Salamun” timbullah kata “Slumun” tersebut. Yang musti kita ambil adalah inti kata dari Slumun ini ternyata tak lain adalah juga mengindikasikan kearah arti kata Keselamatan juga.

SLAMET, Kata ini telah banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Kata slamet dalam Bahasa kita telah didefinisikan sebagai kata ”Selamat”. Ucapan keberhasilan seseorang dalam menempuh hidup menuju kebahagiaan dan juga keberhasilan.

Sinonim dalam Bahasa Jawa dari kata Slamet adalah Sugeng, Raharja, Rahayu dan masih banyak lagi yang intinya adalah menuju keselamatan. Mungkin temen-temen bisa menyebutkan Untung, Beja, Waras, Saras, Wilujeng, Bagas dan lain-lainnya…..(?)

Ini hanya sekedar kata-kata yang pernah saya dapatkan dari asuhan semenjak kecil, soal kebenaran ilustrasi ini saya sendiri tak terlalu bisa membuktikan secara otentik datanya.

Dengan tak mengurangi rasa hormat, tanpa membedakan tentang keyakinan atau agama yang dianut temen-temen tercintaku semuanya, secara pribadi saya mengajak pada semuanya (yang paling utama adalah pada diri saya sendiri) marilah kita berperilaku saling menjaga keselamatan hidup ini. Agar kehidupan kita tercapai pada tujuan berperikehidupan yang aman dan sentausa.

Dengan berpegang pada prinsip “sluman – slumun – slamet” dan disertai tindakan yang berlandaskan pada nilai sopan santun, adat tatakrama serta perilaku beradab, Semoga kita semua akan mampu terhindar dari suasana “Kebat-Kliwat” pada setiap sikap dan perbuatan. Berharap tetap yaqin tuk mampu terselamatkan. Amien…

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Koalisi alamat2 pengusaha konveksi

1 Comment Add your own

  • 1. wib  |  June 21, 2011 at 12:35 pm

    Tulisannya bagus….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


March 2010
M T W T F S S
« Feb   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Pages


%d bloggers like this: